Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) mengawali tahun 2011 dengan meluncurkan Honda CBR250R, sepeda motor sport premium yang akan menjadi flagship model di Indonesia.
AHM memasarkan Honda CBR250 untuk menjawab permintaan konsumen terhadap produk sepeda motor sport premium yang memadukan kecanggihan teknologi dan gaya sporty mewah kelas dunia. Segmen ini tumbuh seiring dengan permintaan sepeda motor secara nasional yang terus bertumbuh.
Tahun lalu, pasar sepeda motor nasional mencapai 7,4 juta unit dan tahun ini diperkirakan akan mencapai 8,2 juta unit. AHM mengawali tahun 2011 ini dengan mencatatkan penjualan sebesar 331.596 unit pada bulan Januari atau tumbuh sekitar 53,5% dibandingkan bulan Januari tahun sebelumnya. Pencapaian ini mengukuhkan dominasi Honda di pasar sepeda motor domestik dengan pangsa pasar 49,8%.
Melengkapi pencapaiannya pada bulan Januari lalu, AHM memperkenalkan Honda CBR250R yang akan menjadi flagship di segmen motor sport premium. Motor ini merupakan model global kedua yang dipasarkan AHM di Indonesia setelah pertengahan tahun lalu merilis skutik premium Honda PCX.
“Hari ini dengan bangga kami perkenalkan Honda CBR250R, produk global kedua kami yang juga akan dipasarkan di beberapa negara lain di Asia, Eropa, Amerika, dan Australia,” ujar Yusuke Hori, President Director AHM.
Honda CBR250R tampil dengan konsep desain generasi terbaru dari Honda untuk motor sport full fairing yang dirancang dari bentuk dinamis dan sporti berdasarkan “Mass Centralization Form” serta terinspirasi dari model Honda VFR1200F dan CBR1000RR. Konsep ini memungkinkan pencapaian aerodinamika yang jauh lebih efisien, kemudahan bermanuver, sekaligus tampilan yang sporti dan mewah.
Dari sisi dapur pacu, Honda CBR250R didukung dengan mesin baru 250cc, 6-kecepatan, DOHC, 4-valve, silinder tunggal, berpendingin cairan (liquid-cooled). Mesin ini menghasilkan performa dan respon tarikan yang optimal serta hemat bahan bakar dan ramah lingkungan karena telah menerapkan sistem suplai bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection) dan memenuhi standar emisi gas buang Euro 2.
Dalam hal fitur, Honda CBR250R merupakan motor pertama di dunia di kelasnya yang menerapkan teknologi Combined-ABS, yaitu sistem pengereman yang memadukan antara Combi Brake System dengan Antilock Braking System. Sistem ini menghasilkan performa pengereman yang efektif pada saat pengereman mendadak maupun pada kondisi jalan yang licin sehingga meningkatkan stabilitas kontrol terhadap kendaraan.
Untuk melengkapi kenyamanan berkendara, Honda CBR250R dibekali sistem Pro-Link untuk suspensi belakang. Sistem ini akan membuat goncangan pada tempat duduk terasa lebih lembut melalui mekanisme kerja Pro-Link yang berkarakter progresif.
“Kami optimistis Honda CBR250R akan diterima dengan baik oleh konsumen, khususnya penggemar sepeda motor sport di Indonesia dan akan menjadi pemimpin pasar di segmen motor sport premium nasional,” ujar Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman.
Honda CBR250R akan dipasarkan dengan tiga pilihan warna yang mewah, yaitu Candy Ruby Red, Asteroid Black Metallic & Sword Silver Metallic. Adapun harga (OTR Jakarta & Tangerang) untuk tipe ABS adalah Rp 46,5 juta dan untuk tipe STD Rp 39,9 juta. AHM menargetkan penjualan Honda CBR250R pada tahun 2011 ini sebanyak 10.000 unit.